-->

6 Lembaga Survey Nasional Tidak Independen

foto lembaga survei tidak independen
Jika sebelumnya Lembaga Survey Indonesia (LSI) dinilai tidak independen karena banyak kalangan yang menyebutkan lembaga survey di danai oleh Fox Indonesia yang Notabene adalah Konsultan pasangan SBY-Boediono, maka sekarang Lembaga Survey Nasional (LSN) melangsir ada 6 Lembaga Survey Nasional yang dinilai tidak independen. Ketidakindependenan lembaga survey ini dikarenakan keterbatasan dana, dan tentunya membuat lembaga survei didanai oleh pihak tertentu untuk melakukan sebuah survei.

Keenam lembaga survey tersebut adalah Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Lembaga Survei Indonesia (LSI), Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Lembaga Survei Nasional (LSN), Cyrus Surveyor Group dan Puskaptis. Keterbatasan dana membuat lembaga survei didanai oleh pihak tertentu untuk melakukan survei.

"Secara finansial saya yakin 6 lembaga survei tidak ada yang independen," ujar Umar dalam Diskusi Terbatas Ilmu Komunikasi, di Universitas Paramadina, Jl Gatot Subroto, Selasa (16/6/2009).
Tidak independennya lembaga survei secara finansial, diakui oleh Umar karena faktor biaya yang tidak murah saat melakukan survei. "Tidak ada yang independen gunakan dana sendiri, karena dana untuk survei bisa hampir 1 miliar lebih," ungkapnya.

Jika Lembaga Surbey tersebut didanai oleh Pihak tertentu, apakah hasil survey masih akurat, menjawab pertanyaan tersebut, Umar meyakini, untuk hasil dan akurasi survei dan quick count masih kredibel bisa dipertanggung jawabkan. "Kami pastikan hasilnya kredibel," tandasnya.

Tentunya kita semua berharap kedepan lembaga survey ini dapat mandiri secara keseluruhan, tanpa ada ketergantungan terhadap pihak lain, sehingga nantinya hasil survey benar-benar kredibel dan dipercaya oleh semua masyarakat. Selain itu dengan mandirinya lembaga survey tersebut, akan menghindarinya anggapan negatif dan rasa ketidakpercayaan publik maupun masyarakat terhadap hasil survey suatu lembaga survey nasional.
Facebook Comments

3 komentar

Don untuk link yang di hitstat km kan dah daftar disana,alamat mu sdh terpasangkan disana jadi itu dah backlink,shoutmix eerror coba di buat baru orr cek di email kamu yg pk daftar shoutmix??

Balas

aku kurang ngerti masalah politik seh... ngikuti dikit aja. Tapi yg jelas sdh punya pilihan utk pasangan Capres dan Cawapres ntar tgl 8 Juli

Balas