-->

Daftar Artis Pemenang Pilkada Serentak 2015

foto artis-artis pemenang pilkada
IDPEMILU.com Pada gelaran Pilkada Serentak 9 Desember 2015 ini terdapat setidaknya 6 Calon Kepala daerah yang sebelumnya berprofesi sebagai artis. Deretan artis itu adalah Zumi Zola (Pilkada Provinsi Jambi), Pasha Ungu (Pilkada Kota Palu), Helmi Yahya (Pilkada Kabupaten Ogan Ilir), Dedi Gumelar atau Miing Bagito (Pilkada Kabupaten Karawang), Emil Elestianto Dardak (Pilkada Kabupaten Trenggalek), dan Maya Rumantir (Pilkada Provinsi Sulawesi Utara).Zumi Zola (Pilkada Provinsi Jambi), Pasha Ungu (Pilkada Kota Palu), Helmi Yahya (Pilkada Kabupaten Ogan Ilir), Dedi Gumelar atau Miing Bagito (Pilkada Kabupaten Karawang), Emil Elestianto Dardak (Pilkada Kabupaten Trenggalek), dan Maya Rumantir (Pilkada Provinsi Sulawesi Utara).

Dari Keenam calon kepala daerah tersebut dari hasil cepat (Quick Count) tiga diantaranya berhasil maju sebagai pemenang dalam pilkada kali ini. Ketiganya tersebut adalah:

1.  Emil Dardak
Suami Arumi Bachin Emil Dardak
Emil Dardak (Suami Arumi bachin)
Emil Elestianto atau yang dikenal sebagai Emil Dardak , karena anak dari Hermanto Dardak, mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum. Emil juga suami artis sinetron Arumi Bachsin ini bertarung sebagai bupati Trenggalek, Jawa Timur. Ia berpasangan dengan Muhammad Nur Arifin dan diusung sejumlah partai yaitu PDI-P, Demokrat, Gerindra, PAN, dan Golkar.

"Hasil pemutakhiran data hitung cepat secara final di tim kami menunjukkan, pasangan ini menang di 14 kecamatan yang ada di Trenggalek," kata Doding Rahmadi Ketua DPC PDIP Trenggalek, usai rekapitulasi real count PDIP di posko Emil-Arifin, Rabu (9/12).


Data ini diperoleh berdasar input data 1.300 saksi di 1.300 TPS se-Trenggalek. Menurut Doding, suami aktris Arumi Bachsin meraup dukungan sebanyak 271.329 suara atau sekitar 75 persen. Perolehan suara pasangan nomor urut 2 ini jauh di atas suara pasangan petahana, Kholiq-Priyo Handoko yang memperoleh 91.140 suara atau sekitar 25 persen.


Total pemilih yang menggunakan hak pilih secara benar dan sah dengan di sistem hitung cepat versi PDIP 362.469 suara. Angka itu dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Trenggalek sebanyak 575.118 orang.


2. Pasha Ungu

Pasha Ungu Bupati Palu Sulawesi tengah
Pasha Ungu (Sigit Purnomo Syamsuddin Said)
Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau yang dikenal sebagai Vokalis Band Kondang "Ungu" menjadi calon wakil wali kota Palu, Sulawesi Tengah. Ia mendampingi birokrat, yaitu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Tengah Hidayat. Keduanya mendapat dukungan dari PAN dan PKB.

‎ Hingga pukul 14.50 WIB (9/12), data hitung cepat pilkada Kota Palu yang diterima LSI mencapai 66 persen. Hidayat-Pasha, yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Amanat Nasional, untuk sementara menyisihkan beberapa lawan mereka
dengan perolehan suara 38,55 persen. Saingan terdekat mereka adalah pasangan Hadianto Rasyid-Wiwik Jomiatul Rofi’ah, yang diusung Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Keadilan Sejahtera. Mereka memperoleh 26,58 persen suara.

Adapun Habsa Yanti-Thamrin Samauna, yang disokong Partai NasDem, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Demokrat, hanya mengantongi ‎20,10 persen suara. Posisi paling buncit sementara diduduki ‎Andi Mulhanan-Tahmidy Lasahido. Pasangan yang didukung Partai Golongan Karya dan Partai Gerakan Indonesia Raya ini hanya meraup 15,09 ‎persen.

3. Zumi Zola
Artis Zumi Zola Gubernur Jambi
Zumi Zola
 Zumi Zola maju menjadi calon gubernur Jambi setelah mengundurkan diri dari jabatan Bupati Tanjung Jabung Timur. Ia berpasangan dengan wakil gubernur Jambi petahana, Fachrori Umar, yang didukung PAN, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, dan PBB.
Dalam hitung cepat yang salah satunya dilakukan Indobarometer dan Charta Politika, mantan Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanujabtim) itu memperoleh suara sekitar 59 persen mengalahkan lawannya yang juga calon Petahana pasangan Hasan Basri Agus – Edi Purwanto (HBA-EDI).

Kemenangan  Zumi Zola hampir merata disetiap Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi. Bahkan dibeberapa daerah yang menjadi basis partai pengusung lawan, Zumi Zola yang berpasangan dengan mantan Gubernur Jambi Fachrori Umar juga mampu unggul.
Facebook Comments