-->

Sukseskan Pemilu, KPU Gandeng Depdiknas untuk Sosialisasi Pemilu


Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) untuk melakukan sosialisasi Pemilu 2009. Meski mendukung, Depdiknas menganggap KPU sedikit terlambat dalam kerjasama ini.

"Saya sangat setuju dan tidak bisa menolak kerjasama ini, karena sosialisasi ini bagian dari pendidikan juga. Cuma mungkin, penandatangan MoU ini agak terlambat yah," ujar Mendiknas Bambang Sudibyo di kantornya, Depdiknas, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (16/3/2009).

Penandatangan ini dilakukan Bambang bersama dengan Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary. MoU ini adalah nota kesepahaman terkait kegiatan sosialisasi Pemilu 2009 kepada pelajar dan mahasiswa.

Sementara itu, Hafiz memandang perlu bekerjasama dengan Depdiknas karena lebih dari 30 persen dari jumlah pemilih adalah pemilih pemula. Harapan Hafiz, dengan MoU ini, masyarakat akan lebih berpartisipasi terhadap pemilu.

"Namun lebih jauhnya ingin memotivasi masyarakat supaya terdorong berpartispasi dan menyadari bahwa pemilu itu momentum penting dalam perubahan," kata Hafiz.

Usai penandatangan ini, Depdiknas segera berkoordinasi dengan pemda yang akan diteruskan kepada dinas pendidikan daerah setempat. Dinas inilah yang akan meneruskan program sosialisasi pemilu kepada sekolah-sekolah setempat.

Sedangkan untuk universitas, Depdiknas akan menghubungi kampus-kampus. Tidak hanya itu, nantinya akan diadakan juga KKN Tematik khusus pemilu hingga Pilpres mendatang.

Kesemua program ini akan berada di bawah koordinasi Dirjen Depdiknas dan Sekjen KPU. /dhonyz [www.detik.com]
Facebook Comments

0 komentar