-->

Pemilu 2009: "Partai Demokrat" Partai Pilihan Mahasiswa Indonesia


Jakarta - Elektabilitas Partai Demokrat semakin berkibar. Setelah sebelumnya diunggulkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) kini Lembaga Survei Nasional(LSN) menobatkan partai berlogo tiga berlian ini pada urutan teratas partai politik (parpol) versi pilihan mahasiswa.

"Partai ini diprediksikan bakal merontokkan dominasi PKS dalam Pemilu Legislatif April nanti," kata Ketua Tim Peneliti LSN Denny Ramdhany dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (20/1/2009).

Partai Demokrat unggul dengan angka sebesar 32,97 persen. Menyusul di tempat kedua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 14,12 persen.

Menariknya, hasil survei ini juga menempatkan pendatang baru Partai Gerindra pada posisi ketiga sebesar 12,73 persen. Gerindra menyalip dua nama parpol besar saat ini yaitu PDIP (8,57 persen) dan Golkar (6,85 persen). Hal ini tentu bakal menjadi ancaman bagi partai-partai papan atas dan menengah.

"Gerindra juga diperkirakan akan meruntuhkan dominasi partai-partai lama seperti PDIP, Partai Golkar dan PPP," imbuh Denny.

Survei teranyar LSN ini dilaksanakan 1-12 Januari di 15 perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah DKI Jakarta. Jumlah responden yang diwawancarai sebanyak 1.225 orang.

Wawancarai dilakukan tatap muka yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Margin error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Meroketnya perolehan Partai Demokrat dan Partai Gerindra di kalangan mahasiswa tidak lepas dari pengaruh tokoh figur partai masing-masing. Seperti halnya Demokrat, pulihnya popularitas SBY mendongkrak elektabilitas partai bernomor 31 itu.

"SBY dan Partai Demokrat itu satu paket," jelas Denny.

Namun anehnya, lanjut Denny, sosok Prabowo yang selalu negatif di"kacamata" mahasiswa tidak tergambar dalam survei ini. Malah mereka menilai partai yang diprakarsai Prabowo yaitu Gerindra menjadi pilihan alternatif pada pemilu legislatif nanti.

"Iklan-iklan Prabowo mengandung pesan-pesan simpatik yang merebut hati mahasiswa," terang Denny.

Selengkapnya hasil LSN tentang parpol pilihan mahasiswa adalah:

1. Partai Demokrat 32,97 %
2. PKS 14,12 %
3. Partai Gerindra 12,73 %
4. PDIP 8,57 %
5. Partai Golkar 6,57 %
6. PAN 5,95 %
7. Partai Hanura 5,14 %
8. PDS 2,93 %
9. Partai Patriot 0,81 %
10. PPI 0,65 %

Sepertinya Partai Golkar dan PDIP harus lebih bekerja keras untuk meraih simpati publik. Hal ini tidak hanya pada pemilih lama, tetapi juga pemilih pemula di kalangan mahasiswa dan pelajar apabila masih ingin mempertahankan dominasi di parlemen. [www.mediaindonesia.com]
Facebook Comments

0 komentar