-->

Siapa Cawapres Pilihan SBY ????


Seperti apa yang diungkapkan SBY, Calon Wakil Presidem akan diukur dengan empat kriteria prinsip dan satu kriteria tambahan. Melihat kemungkinan enam parpol akan bergabung di Blok Teuku Umar, maka pada Blok SBY tersisa tiga parpol koalisi yang lolos parliamentary threshold, yaitu Partai Demokrat, PKS dan PKB. Kabar yang disuarakan, PKS mengajukan nama cawapres dalam amplop tertutup.

Akankah SBY mengambil cawapres dari PKS, atau Hatta Rajasa yang diusulkan Amin Rais, atau dari PKB, atau dari kader Partai Demokrat sendiri?. Nampaknya agak kecil kemungkinannya. Syarat SBY jelas berat sekali, kelihatannya hanya akan dapat dipenuhi oleh tokoh profesional yang berpengalaman, baik dalam memimpin ataupun memegang jabatan di pemerintahan, ilmuwan, hubungannya dengan SBY baik dan tanpa cacat. Rumor ramai menyebutkan dua nama yaitu Menku Sri MUlyani dan Gubernur BI Boediono. Dari dua nama tersebut, Pak Bud (Boediono) nampaknya memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan Sri Mulyani.

Kemampuan Boediono disampaikan oleh rekan sejawatnya Ketua Pusat Studi Asia Pasifik UGM Dr Sri Adiningsih saat Boediono terpilih menjadi Gubernur BI. “Dari segi kualitas dan pengalaman serta integritasnya, merupakan pilihan terbaik saat ini karena telah terbukti sebagai birokrat yang menjaga kestabilan ekonomi sehingga tidak bisa diragukan kemampuannya sebab beliau juga pernah lama menjadi Menko dan Menkeu,” katanya. Menurut Adiningsih, tugas terberat Boediono, Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM ini adalah mengembalikan kembali kredibilitas serta citra BI yang selama ini buruk dimata hukum. Sri Adiningsih menambahkan selain mengembalikan kredibilitas BI tugas berat lain yang menanti Boediono adalah menjaga stabilitas makro ekonomi Indonesia serta mempertahankan agar rupiah tetap stabil. Budiono bisa membantu memulihkan krisis ekonomi Indonesia serta menjaga agar tidak mengalami resesi ekonomi global, tandas Adiningsih lebih meyakinkan.

Melihat pendapat rekan sejawatnya tersebut, nampaknya memang figur Boediono yang dikenal sangat bersahaja, santun, lurus yang akan dipilih sebagai pendamping SBY. Akseptabilitas, integritas, kemampuan, pengalaman serta kesederhanaannya merupakan kekuatan yang tersembunyi dari Boediono, mengalahkan calon-calon dari parpol yang juga “hebat”.

Facebook Comments