-->

Boediono Cawapres Penganut Neoliberalisme


Boediono Cawapres yang dipilih oleh Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendampinginya dinilai oleh banyak kalangan merupakan seorang yang menganut Neoliberalisme. banyak bukti yang mengarah pada penganut azaz neoliberalisme ini. sebenarnya apa ciri dari penganut azaz neoliberalisme ini.
Di situs wikipedia.org diterangkan bahwa Neoliberalisme yang juga dikenal sebagai paham ekonomi neoliberal mengacu pada filosofi ekonomi-politik akhir-abad keduapuluhan, sebenarnya merupakan redefinisi dan kelanjutan dari liberalisme klasik yang dipengaruhi oleh teori perekonomian neoklasik yang mengurangi atau menolak penghambatan oleh pemerintah dalam ekonomi domestik karena akan mengarah pada penciptaan Distorsi dan High Cost Economy yang kemudian akan berujung pada tindakan koruptif. Paham ini memfokuskan pada pasar bebas dan perdagangan bebas merobohkan hambatan untuk perdaganganinternasional dan investasi agar semua negara bisa mendapatkan keuntungan dari meningkatkan standar hidup masyarakat atau rakyat sebuah negara dan modernisasi melalui peningkatan efisiensi perdagangan dan mengalirnya investasi.

Beberapa kritikan yang dilontarkan kepada Boediono menyangkut masalah ini antara lain
dilakukan oleh Hendri Saparini, orang dekat Rizal Ramli, dan analis ekonomi-politik, melihat Boediono, yang kini menjabat gubernur BI hendak membawa negara Indonesia ke arah neoliberal. Indikasinya, utang negara secara nominal bertambah Rp 400 triliun dalam periode 2004-2009. Walau demikian, perlu dicatat bahwa sebenarnya rasio hutang(debt ratio) kita turun drastis dari 100% di tahun 1999, 56% di tahun 2004, dan tahun 2009 tinggal 30-35% sekalipun nominal besarnya utang kurang lebih sama selama periode 2003-2008.

Pada saat menjabat sebagai Menteri Keuangan pada Kabinet Pemerintahan Megawati Soekarnoputri, Boediono menyatakan bahwa pada dasarnya subsidi bagi rakyat harus dihapus. Ketika para petani tebu meminta proteksi, Boediono dengan menyarankan agar petani tebu menanam komoditas lain bila tebu dinilai tidak menguntungkan, ini dinilai sejumlah kalangan bertentangan dengan orientasi kemandirian pangan. Tampaknya pendapat Boediono sejalan dengan Taufiq Kiemas, suami Megawati, yang menyatakan bahwa subsidi seperti candu.

Kwik Kian Gie mengatakan, Boediono memiliki peran penting dalam proses keluarnya kebijakan pemerintah terkait penyelesaian BLBI. Pasalnya,Boediono saat itu merupakan menteri keuangan yang tahu betul tata cara penyelesaian utang bagi para obligor BLBI. Dia (Boediono) tahu seluk-beluk ini (BLBI).

Jika memang dia adalah seorang yang menganut paham Neoliberalisme, mengapa SBY memilihnya, apakah SBY tidak mengetahui apa itu Neoliberalisme ? jawabanya pasti " Tidak Mungkin tidak mengetahui. apakah isu ini hanya untuk mengganjal langkah Boediono dan SBY untuk maju menjadi pasangan Capres dan Cawapres dalam pemilu 2009 ini. Semuanya biarkan publik yang menilai.
Facebook Comments

0 komentar